Minggu, 01 Januari 2012

Kelebihan motor injeksi

1. Campuran udara bensin selalu akurat (perbandingan ideal) pada semua tingkat putaran mesin. Pada motor injeksi, volume penyemprotan bensin selalu akurat karena di kontrol oleh ECU sesuai dengan masukan sensor sensor yang bertebaran disekujur mesin. seperti sensor rpm, jumblah udara masuk, posisi katup gas hingga kondisi cuaca disekitar mesin Bahkan pada kondisi pengendaraan tertentu seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi ECU mampu mengontrol perbandingan bensin dan udara tetap ideal. kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri yaitu mengurani emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian bensin 2. Hemat bahan bakar Campuran udara dan bahan bakar di mesin injeksi yang selalu akurat, membuat pengguna bahan bakar menjadi lebih efisien alias hemat. 3. Tarikan lebih responsif pada tipe karburator, antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh, selain itu perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara yang mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumblah jumblah bensin yang di hisap sehingga tarikan kurang responsif sedangkan motor injeksi menempatkan pengabut bensin (injektor) dekat silinder. saluran bensin yang menuju ke injektor bertekanan antara 2,5 sd 3,0 kg/cm2 lebih tinggi dari tekanan intake manifold. berhubung dimeter mulut injketor sangat kecil, jika sinyal listrik dari ECU mengaktifkan injektor maka bensin akan menyembur berbentuk kabut. saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang homogen serta perbandingan yang ideal. dibantu mutu api yang bagus akan menghasilakan pembakaran sempurna. hasilnya tarikan lebih responsif sesuai perubahan katup gas. 4. Mesin mudah di hidupkan tanpa dipengaruhi perubahan cuaca pada temperatur rendah (dingin) menghidupakan bensin berkaburator dibutuhan campuran lebih gemuk dengan menarik cuk. secara manual ini tidak lagi diperlukan pada motor injeksi karena sudah dilengkapi sensor temperatur mesin serta sensor tempertarur udara masuk. saat mengidupkan mesin dan komdisi dingin secara otomatis jumblah semprotan bensin di tambah sehingga mesin mudah di hidupkan dalam kondisi apapun dan tidak terpengaruh kondisi cuaca. 5. perawatan mudah jika karbu ketika dibersihakan harus dibongkar sehingga membutuhkan waktu lama, belum lagi resiko karena sering di bongkar sehingga komponen jadi rentan hau, terutama skep pelampung sedang untuk tipe motor yang menggunakan injeksi rentan waktu perawatan lebih lama cukup 10-15 ribu km sekali, itupun cukup disemprotkan injector cleaner. bahkan jika kualitas bensin yang digunakan bagus, sebenarnya injeksi tidak perlu diapa-apain lagi karena selain steril, juga telah di backup dengan filter halus sebelum masuk ke injektor biar lebih aman. 6. Ramah lingkungan Di knalpot motor injekksi biasanya di lengkapi catalytics converter (cc) sistem ini berfunsi akan merubah zat-zat hasil pembakaran yang berbahaya menjadi zat yang ramah lingkungan atau dengan menggunakan sistem sensor o2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar